Minggu, 03 Juli 2016

14 Wisata alam Curug eksotis di Jawa Barat yang wajib anda kunjungi

Sobat kali ini saya akan berbagi informasi menarik , yakni wisata alam Curug atau air terjun yang ada di Provinsi Jawa barat. Artikel ini saya himpun dari berbagai sumber semoga bisa membantu sobat yang lagi cari referensi. Ada 33 wisata alam curug yang saya himpun di sini , gimana sobat lumayan bukan hehe, sehari gak selesai deh kalau mau muasin liburan di wisata alam curug di Jawa barat saja. tak usah ber lam - lama ya sobat , yuk kita intip keindahan panorama Curug ( air terjun ) yang ada di Jawa Barat ini.
1. Curug Muara Jaya
Curug Muara Jaya ini  berada di Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka yang dikelola  pada tahun 1999. Dimana jarak yang harus ditempuh untuk menuju curug ini yaitu +20.1 km dari pusat kota Majalengka. Luas Curug Muara Jaya sebesar +2 Ha. Jarak dari tempat parkir menuju curug tersebut yaitu +300 m berupa jalan setapak yang telah menggunakan paping blok. Objek Wisata Curug Muara Jaya menawarkan keindahan alam dengan panorama air terjun setinggi 73 m yang terdiri dari tiga umpak. Udara yang sejuk dengan hamparan sayur mayur dan pohon kesemek menjadi daya tarik bagi peminat wisata alam.
Gambar dari : tempatwisatadaerah.blogspot.com
 2. Curug Cijalu 
  Salah satu air terjun di Subang yang dapat Anda kunjungi dan nikmati adalah Curug Cijalu. Nama air terjun setinggi 70 m ini berasal dari kata Cai dan Jalu. Konon nama Cijalu berasal dari kedatangan seorang pendekar di tempat tersebut yang dipercaya oleh masyarakat sekitar memiliki taji/jalu (siih dalam bahasa Sunda).
Anda akan mendapatkan suasana yang asri dan indah, yang didukung dengan berbagai fasilitas yang cukup memadai, salah satunya adalah camping ground.  Dengan suasana alamnya yang masih bersih, rimbunannya pepohonan yang menutupi sebagian daerah curug, serta kicauan burung yang bernyanyi tiada henti, membuat kondisi panorama alam di tempat ini benar-benar alami dan menyegarkan. curug  Cijalu ini berlokasi di Desa Cipancar, Kecamatan Sagalaherang.
Gambar dari : travel.detik.com
3. Curug Cibeureum 
air terjun alami ini dapat Anda capai dengan berjalan kaki sambil menikmati keindahan pegunungan, kebun teh laksana permadani, disertai udara sejuk di sepanjang perjalanan. Anda tidak perlu khawatir melakukan trekking menuju air terjun ini karena  tingkat kesulitannya yang sedang.Curug ini berlokasi di Desa Gede Pangrango, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten sukabumi ,Jawa barat.
Gambar dari : musikair.wordpress.com
4.Curug cikaso
Objek wisata lainnya yang berlokasi di dekat kawasan Ujung Genteng adalah Curug (air terjun) Cikaso. Curug Cikaso sebenarnya bernama Curug Luhur, mengalir dari anak sungai Cikaso yang bernama Cicurug. Tapi oleh kebanyakan orang, curug ini lebih dikenal dengan nama Curug Cikaso.  Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi dengan di bagian bawahnya terdapat kolam dengan warna airnya hijau kebiru-biruan.  Kedua titik air terjun dapat terlihat dengan jelas sedangkan yang satu agak tersembunyi dengan tebing yang menghadap ke timur.  Masing-masing air terjun mempunyai nama masing. Yang kiri bernama Curug Asepan, tengah bernama Curug Meong dan kanan bernama Curug Aki.  Ketiga curug ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar tebingnya sekitar 100 m. Curug Cikaso ini berlokasi:  Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.
Gambar dari : hingga.com
 5. Curug Cigangsa 
Curug Cingangsa adalah salah satu air terjun dengan panorama alam yang memukau. Sama halnya dengan Curug Cikaso, untuk sampai ke lokasi Anda bisa berjalan kaki ataupun naik perahu kecil melalui sungai yang diantar oleh masyarakat di sana. Curug cigangsa ini terletak di Dusun Batusuhunan, Desa Surade, Kecamatan Surade,kabupaten sukabumi , Provinsi Jawa barat.
Gambar dari : disparbudporakabsukabumi.co.id
 6. Curug  Cimahi  
Curug cimahi
Objek wisata ini terletak di dekat pintu masuk yang berada di sisi jalan Cimahi ke arah Lembang. Untuk mencapai objek wisata dengan panorama alam yang luar biasa indahnya ini, para pengunjung harus melewati jalan setapak berbentuk anak tangga yang menghantarkan pengunjung ke daerah tujuan. Di dalam kawasan Curug Cimahi kita dapat melihat pemandangan alam yang indah sekali, terutama menyaksikan percikan air terjun yang berjatuhan dari atas tebing setinggi 85 meter.
Para pengunjung yang datang ke daerah ini banyak diantaranya yang melanjutkan aktivitasnya dengan berenang dan berendam di areal dekat curug. Selain air yang bersih, sejuknya air yang menyejukan badan, serta lantunan derasnya air terjun yang jatuh ke dasar permukaan tanah menambah keceriaan serta suasana yang menyenangkan ketika pengunjung berkunjung ke daerah ini.Curug ini terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat , Provinsi Jawa Barat.
Gambar dari : www.ragamtempatwisata.com
7. Curug Cilmeber
Datang dan nikmati sobat daya tarik tujuh air terjun Curug Cilember. Selain curug (air terjun) keempat yang diyakini berkhasiat sebagai obat awet muda, mempercepat dapat jodoh, serta dapat menyembuhkan penyakit, tepat di atas lokasi curug tujuh tedapat sebuah makam keramat yang setiap harinya sering dikunjungi oleh masyarakat untuk berziarah dan mencari berkah. Menurut sejarahnya, makam ini bernama makam Embah Jaya Sakti yang masih memiliki garis keturunan Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran. Biasanya jumlah penziarah mencapai .Curug Cilmebr ini berloaksi di Desa Jogjogan Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor.
Gambar dari : hellobogor.com
8. Curug Cihanyawar
Curug Cihanyawar merupakan daya tarik wisata alam yang berupa air terjun dengan ketinggian 16 m yang berada di ketinggian 1000 m di atas permukaan laut. Sumber air Curug Cihanyawar berasal dari aliran air Gunung Cipadaruun yang berasal dari mata air Cikuray. Curug Cihanyawar berada di dalam kawasan yang dibawahi oleh dua kemilikan, yaitu ; PTP Nusantara VIII dan Masyarakat Desa Sukamurni. Walaupun lokasinya berada di perbatasan antara tanah milik PTP Nusantara VIII dan tanah milik Masyarakat Desa Sukamurni akan tetapi pada aktualnya Curug Cihanyawar masuk ke dalam kawasan milik  PTP Nusantara VIII – Perkebunan Dayeuh Manggung, dan termasuk ke dalam blok perkebunan Cipang yang memilliki luas kawasan sebesar 12,57ha. Untuk Menuju ke lokasi air terjun Cihanyawar terdapat jalan raya yang berupa jalan kecamatan dengan lebar 2,5m yang memiliki kualitas yang cukup baik. Curug ini berlokasi di Desa Sukamurni Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut , Jawa Barat.
Gambar dari : jelajahgarut.com
9. Curug Citiis 
Curug Citiis terletak di dengan luas   30 m2 dan berada pada ketinggian 1000 m di atas permukaan laut. Konfigurasi umum lahan pada umumnya berbukit-bukit dengan tingkat kemiringan yang agak curam, dan stabilitas tanah yang sedang. Penyinaran matahari rata-rata di kawasan ini dapat dibilang sedang karena masih terdapat banyak pohon yang rindang. Pada musim kemarau debit air Curug Citiis berkurang. Kualitas lingkungan cukup baik dengan tingkat sanitasi yang baik dan bentang alam yang cukup indah.
Sumber air curug berasal dari Gunung Guntur yang mempunyai dua buah mata air, yaitu mata air panas yang mengalir ke daerah Cipanas, dan mata air dingin yang mengalir ke aliran curug Citiis. Aktivitas yang dapat dilakukan antara lain hiking, trekking, menikmati pemandangan, camping dan fotografi.
Konon curug ini merupakan tempat bertemunya para raja dari seluruh pulau Jawa. Nama Curug Citiis ini sendiri berasal dari kata citiis yang berarti air dingin karena menurut penduduk sekitar suhu air dari air terjun ini paling dingin sewilayah Garu.Curug Citiis ini berlokasi:  Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong, Kabupaten Garut Jawa Barat.
Gambar dari : www.nginepdigarut.com
10.Curug orok
Asal mula air terjun ini dinamakan Curug Orok karena menurut cerita masyarakat setempat pada tahun 1968 ada seorang wanita muda yang membuang bayinya dari puncak air terjun, sehingga air terjun tersebut dinamakan Curug Orok. Kalau dilihat dari bentuknya curug ini mempunyai 2 curug, dimana yang besar melambangkan keberadaan ibu si bayi dan yang kecil melambangkan bayi tersebut. Curug orok dengan ketinggian 45 M ini sudah menjadi Objek dan Daya Tarik Wisata (ODTW) sejak 21 April 1996. Curug Orok merupakan jenis ODTW alam yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara dan dimiliki oleh PT. Perkebunan Papandayan.
 Curug Orok sendiri berada di ketinggian 250 M diatas permukaan laut dengan konfigurasi umum lahan berbukit karena letaknya di kaki gunung Papandayan dan tingkat kemiringan lahannya landai dan curam Tingkat stabilitas dan daya serap tanah di kawsan ini baik dan tingkat abrasi yang rendah. Curug Orok memiliki air yang jernih, bau air normal dan temperatur yang dingin. Flora dominan di sekitar Curug Orok adalah pohon pinus, pepaya dan tumbuhan liar lainnya. Sedangkan fauna yang terdapat di kawasan yaitu monyet dan ular. Sumber air bersihnya berasal dari air terjun itu sendiri yang debitnya tidak terbatas dan kualitas airnya yang jernih, rasanya tawar dan baunya normal.Belokasi di Desa Cikandang kecamatan Cikajang Kabupaten Garut.
Gambar dari : travel.detik.com
 11. Curug Cibuni Racun 
Obyek wisata alam yang sering pula disebut Curug Cibuni Racun ini berada pada ketinggian 1.045 meter di atas permukaan air laut dan mempunyai luas keseluruhan sekitar satu hektar. Air terjun atau curug yang sumber airnya berasal dari mata air Cimalagiri di Gunung Mandalawangi ini mempunyai ketinggian sekitar 25 meter. Sedangkan, status kepemilikannya adalah tanah ulayat milik warga masyarakat Kampung Pasir Kunci dan Kampung Singkur.
Konon, penamaan air terjun ini berasal dari sebuah legenda yang menceritakan tentang sayembara yang diadakan oleh sebuah kerajaan dengan hadiah seorang puteri cantik jelita. Sayembara itu diikuti oleh para jawara atau jago-jago silat di sekitar wilayah kerajaan tersebut. Singkat cerita, para peserta pun kemudian bertarung mempertaruhkan nyawa untuk memperebutkan sang puteri. Ketika sayembara akan berakhir, sebab tinggal dua orang jawara lagi yang tersisa, pertarungan menjadi sangat alot. Walau masing-masing pihak sudah saling mengeluarkan jurus andalan, ternyata tidak ada yang berhasil mengalahkan lawannya. Pertarungan berakhir imbang, entah kenapa dan oleh siapa, sang puteri lalu dibawa ke curug dan kemudian diracun hingga tewas. Dan, curug tempat diracunnya sang puteri tersebut kemudian dinamakan Cimandi Racun.
Selain menikmati air terjun, di obyek wisata Curug Cimandi Racun juga menyuguhkan pemandangan alam yang masih asri. Hamparan pepohonan yang tumbuh menghijau dan ditambah dengan kicauan burung yang bertengger di atas dahannya, serta temperatur udaranya yang sejuk (berkisar antara 23-25 derajat Celsius), menjadikan lokasi di sekitar air terjun ini sangat indah untuk dinikmati.
Lokasi:  Desa Jangkurang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat.
Gambar dari : wajah-indonesia-ku.blogspot.com
 12. Curug sanghyang Taraje 
Asal mula air terjun ini disebut Sanghiyang Taraje karena pada jaman dahulu air terjun ini digunakan oleh Sangkuriang untuk naik ke langit mengambil bintang atas permintaan Dayang Sumbi. Di dekat air terjun ini juga terdapat sebuah batu berbentuk tapak raksasa yang konon itu adalah tapak Sangkuriang tetapi jarang sekali orang yang dapat menemuinya. Sedangkan batu yang ada di bawah tepat air terjun menurut masyarakat setempat dipercaya sebagai tempat penyimpanan bintang (harta karun) Sangkuriang tetapi konon tempat itu dijaga oleh belut raksasa, dan seringkali dilihat oleh masyarakat.Curug ini berlokasi:  Desa Pakenjeng Kecamatan Pamulihan Kabupaten Garut .
Gambar dari : www.nativeindonesia.com
 13 Curug Neglasari 
Panorama keindahan Curug Neglasari ini terletak pada lokasi, perkebunan teh serta udara yang sejuk. Dari arah Garut kurang lebih menghabiskan waktu 2,5 jam, ketika memasuki daerah Neglasari setelah melewati Gunung Gelap. Gunung Gelap sendiri adalah hutan yang masih alami walaupun sudah ada banyak daerah-daerah pemukiman tetapi sangat lebat pepohonannya. Berjalan kaki sejauh 1 km dari jalan utama, menuju obyek wisata Curug Neglasari melewati perkebunan teh dengan udara yang sejuk. Panoramanya indah sekali, dengan hamparan perkebunan teh yang hijau. Daya tarik Curug Neglasari ada pada air terjun dengan yang jatuh dengan ketinggian yang berbeda-beda.Curug ini berlokasi di  Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut ,Jawa Barat.
Gambar dari : www.catatanjabar.com
 14. Curug Malela  
Berlokasi jauh dari pemukiman penduduk, Curug Malela adalah air terjun setinggi 70 m dan selebar 20 m yang memiliki panorama alam yang masih alamiah dan indah. Apabila Anda seorang pecinta alam yang suka dengan tantangan, laluilah jalan tanjakan menuju air terjun yang curam serta berbatu dan berlumpur, sebelum akhirnya Anda dihadiahi suguhan keelokan alamiah Curug Malela. Bila waktu mengijinkan, berkemahlah untuk satu atau beberapa malam di kawasan ini agar Anda dapat betul-betul merasakan pengalaman menyatu dengan alam setempat. Curug ini berlokasi di  Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung.
Gambar dari : tempatwisatadibandung.info







Tidak ada komentar:

Posting Komentar