Sabtu, 07 Mei 2016

Pantai Ngobaran, Tanah Lot nya Gunungkidul

Bicara wisata Pantai di wilayah Yogyakarta , bisa di bilang Gunungkidul lah tempatnya , Banyak orang mengatakan Gunungkidul adalah Surga wisata nya Yogyakarta,mulai dari wisata pantai yang memanjakan mata dan di lengkapi dengan berbagai wahananya totalnya ada 69 pantai yang saya kutip informasinya dari jogja.co, saya sendiri pernah berkunjung ke pantai di Gunungkidul dua tahun lalu baru di pantai baron, pantai sundak , pantai ngobaran , pantai ngrenehan .Masih banyak pantai yang belum saya kunjungi mungkin juga anda hehehe.Oke sedikit kalimat pembuka aja. Di artikel ini saya akan sedikit mereview salah satu pantai ikonnya Gunungkidul yanag lumayan terkenal yaitu Pantai Ngobaran .Ada sebagian orang yang menyebutnya Pantai ngobaran adalah Tanah Lot nya Gunung kidul seperti yang ada di Bali sana .
Mungkin mereka menyebut seperti itu karena di sana banyak Pura yang di bangun .

























Pantai ini terletak di  Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul 
Anda bisa menuju ke lokasi melalui beberapa rute :
  • Yogyakarta – Lanud Gading – Per3an Gading ke kanan – Playen – Paliyan – Trowono – Saptosari – Pantai Ngobaran
  • Yogyakarta – Kota Wonosari – Paliyan – Trowono – Pantai Ngobaran
  • Pantai Ngobaran berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul.
  • Jaraknya sekitar 65 kilometer dari Kota Yogyakarta dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencapai lokasi dari Yogyakarta.
  • Untuk ke lokasi Pantai Ngobaran tidak sulit. Dari Yogyakarta, telusuri jalan menuju Wonosari hingga Piyungan. Di sini akan dijumpai jalan menanjak dan berkelok-kelok, hingga melewati Tikungan Bokong Semar, Hargodumilah, Patuk, Tikungan Irung Petruk, Sambi Pitu, Hutan Tleseh, Lapangan Udara Gading dan Pertigaan Gading.
  • Dari sini, belok kanan ke arah Paliyan ke Selatan menuju Trowono hingga Pusdiklat TNI AD di Hutan Sodong.
  • Dari Hutan Sodong ke Pasar Trowono, terus ke Kelurahan Kanigoro dan akan ketemui pertigaan. Kalau ke kiri, menuju Pantai Ngrenehan dan jalur kanan menuju Pantai Ngobaran.
  • Disarankan untuk menggunakan kendaraan sendiri, baik sepeda motor maupun mobil. Angkutan umum walau ada, sangat jarang dan hanya kendaraan bak terbuka. Inipun hanya sampai desa terakhir, tidak sampai lokasi Pantai Ngobaran.

























Pantai Ngobaran  dikenal sebagai tempat ritual penganut agama dan kepercayaan tertentu. Di kawasan ini anda dapat melihat tempat peribadatan seperti masjid yang berdiri berdampingan dengan pura yang menghadap ke laut, juga terdapat tempat ibadah aliran kepercayaan seperti kejawen dan kejawan. Kejawan merupakan aliran kepercayaan peninggalan Prabu Brawijaya V. Terdapat pula beberapa arca yang sering digunakan untuk tempat upacara keagamaan tertentu.
Di puncak bukit karang yang berada di sekitar pantai terletak sebuah kotak batu yang berada di depan rumah joglo dikelilingi pagar kayu abu-abu. Konon menurut cerita kotak batu tersebut merupakan tempat Prabu Brawijaya V membakar diri.

Menurut cerita masyarakat setempat, Prabu Brawijaya V merupakan keturunan terakhir kerajaan Majapahit. Prabu Brawijaya V melarikan diri dari istana bersama 2 orang istrinya yaitu Bondang Surati (istri pertama) dan Dewi Lowati (istri kedua) karena enggan di-Islamkan oleh puteranya Raden Fatah, raja Demak I.
Pelarian tersebut sampai akhirnya di pantai Ngobaran Gunung Kidul dan menemui jalan buntu. Akhirnya raja tersebut memutuskan untuk membakar diri dan sebelumnya bertanya kepada dua istrinya, “Wahai istriku ! siapa diantara kalian yang paling besar rasa cintanya kepadaku ?”. Dewi Lowati menjawab “ cinta saya kepada tuan sebesar gunung” sedangkan Bondan Surati menjawab “cinta saya kepada tuan sama seperti kuku ireng, bila setiap di potong pasti akan tumbuh kembali, jika cinta itu hilang maka cinta itu akan tembuh kembali”.

Mendengar jawaban kedua istrinya tersebut, sang Prabu langsung menarik tangan Dewi Lowati lalu mencebut ke dalam api yang membara. Hingga akhirnya keduanya tewas terbakar. Sang Prabu memilih Dewi Lowati untuk mencebur kedalam api karena rasa cinta istrinya yang kedua ini lebih kecil dibandingkan dengan istrinya yang kedua. Dari peristiwa tersebut tempat ini dinamakan ngobaran yang berasal dari kata kobong atau kobaran yang artinya terbakar atau membakar diri.
Kebenaran cerita tersebut masih diragukan sebagian pihak karena menurut keterangan sebagian masyarakat setempat yang diperoleh dari orang-orang tua mereka. Pada saat terjadi peristiwa tersebut ada seorang warga yang menyaksikan bahwa yang tercebur kedalam api adalah anjing peliharaanya. Pendapat ini dibuktikan dengan diketemukannya petilasan berupa tulang sisa kobaran api yang ternyata bukan tulang manusia tetapi tulang-belulang anjing. Berdasar cerita itulah penganut aliran kejawan yaitu aliran kepercayaan peninggalan Prabu Brawijaya sering mengadakan ritual di tempat ini.
Selain itu penganut agama Hindu sering melakukan upacara Galungan setiap bulan purnama dan upacara Melastri yang merupakan rangakaian upacara Nyepi. Begitu juga dengan penganut aliran kejawen yang setiap malam selasa dan jumat mengadakan ritual dittempat ini. Oleh karenaitu saat memasuki kawasana pantai ini, anda akan disambut oleh suasana mistis yang berpadu dengan suara ombak yang menerpa tebing-tebing batu karang.

Sejenak kita tinggalkan dulu cerita-cerita mitos dan mistis diatas karena anda melanjutkan penelusuran di kawasan pantai ini. Jika anda berkunjung ke pantai ini saat air laut sedang surut yaitu sekitar pukul 06.00 – 11.00 pagi, anda akan dapat melihat sejumlah masyarakat mencari karangan atau rumput laut yang selanjutnya dijual kepada tengkulak yang kebanyakan berasal dari Surabaya dan Jawa Timur.
Jika anda tertarik ingin membawa rumput laut tersebut untuk diolah dirumah, anda dapat memperolehnya dengan harga yang relatif murah. Di kawasan pantai ini beragam jenis karangan seperti karangan simbar untuk bahan membuat kerupuk dengan harga Rp.3.000 – Rp.5.000 / kg, karangan lumut harganya Rp.1.500 – Rp.2.000 . kg dan karangan ager untuk bahan agar-agar Rp.1.200 – Rp.1.500 / kg.
Selanjutnya bila anda berkunjung pada sore hari maka anda akn melihat aktivitas nelayan yang sedang mencari biota laut seperti landak laut, bintang laut, lobster dan kerang. Biota laut tersebut banyak ditemukan di cekungan-cekungan yang berada di sela-sela batu karang.

Kuliner Landak Goreng

Salah satu menu khas yang tersedia di warung-warung makan di tempat ini adalah landak goreng. Menurut masyarakat setempat daging landak laut sangat kenyal dan rasanya lezat. Cara menyantapnya pun cukup unik, duri landak sebelumnya di potong dulu atau dikepras atau dibabat hingga rata kemudian dipecah dengan menggunakan sabit hingga dagingnya terlihat.
Setelah itu dagingnya dicongkel. Menu ini merupakan sajian yang ekstrem yang membuat anda tidak akan melupakan pengalaman menyantap landak laut ini.
 Bentuknya emang serem ya gan, eits tunggu dulu bukan kulitnya yang di makan tapi isi nya yang berupa daging .bisa di masak tumis ataupun goreng.


Harga Tiket
Harga Tiket untuk memasuki pantai Ngobaran ini sebesar Rp.3.000,- sudah termasuk tiket masuk ke pantai Ngrenehan karena dua pantai ini merupakan satu paket satu tiket.Kalau tahun ini saya belum tahu masih tetap atau sudah naik gan , kalau naik menurut saya gak mahal - mahal amat.
Untuk lokasi lebih jelasnya anda bisa cek di google maps berikut


Referensi :
 jalanjogja.com/keanekaragaman-di-balutan-keindahan-pantai-ngobaran
 http://www.njogja.co.id/gunungkidul/pantai-ngobaran-gunung-kidul
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhRc2rxYAOb98SBrbUqgSL-3xwE1t2T_x_jmL3XtGgtJPiFQDbjSj24JlGPXwMANtkGyQ937p7T92C5_T3j36wamDXmZl7x6nTWqst6ldCL_4F_xMi-xPhMW2VH4JE72qlt_GqXvLnNtrqQ/s1600/tumis+kerang+hijau.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhRc2rxYAOb98SBrbUqgSL-3xwE1t2T_x_jmL3XtGgtJPiFQDbjSj24JlGPXwMANtkGyQ937p7T92C5_T3j36wamDXmZl7x6nTWqst6ldCL_4F_xMi-xPhMW2VH4JE72qlt_GqXvLnNtrqQ/s1600/tumis+kerang+hijau.JPG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar