Rabu, 15 Juni 2016

17 Wisata Alam Arung Jeram Indonesia yang di Jamin Memacu Adrenalin Anda

1. Kali Serayu Jawa Tengah, atau Sungai Serayu (dulu juga disebut Ci Sarayu) adalah salah satu sungai di Jawa Tengah. Membentang lk. 181 km , sungai ini melintasi lima kabupaten yakni Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas, hingga bermuara di Samudra Hindia di wilayah Kabupaten Cilacap.
Hulu sungai ini berada di lereng Gunung Prahu di wilayah Dieng, wonosobo . Mata airnya dikenal sebagai Tuk Biam Lukar (mata air Bima Lukar). Memiliki banyak anak sungai, total daerah aliran sungai Serayu mencapai luas 4.375 km². Mengalir kurang lebih ke arah barat-barat daya, di sisi selatan aliran ini dibatasi oleh deretan perbukitan  yang dinamai Pegunungan Serayu.
Selain Kali Serayu yang berhulu di G. Prahu dan G.Sindoro , beberapa anak sungainya di antaranya Kali Begaluh dari lereng G.Sumbing Kali Tulis dari G. Prahu; Kali Merawu dari G. Prahu;  Kali klawing yang anak-anak sungainya kebanyakan berhulu di Gunung Slamet, G. Walirang dan G. Jaran; Kali Pekacangan (anak Kali Klawing) dan G.Rojogembangan Kali Sapi yang berhulu di Pegunungan Serayu; Kali Banjaran, Kali Logawa, Kali Tenggulun, Kali Kawung, serta Kali Tajum, yang semuanya berhulu di G. Slamet.
Lingkungan di sekitar hulu Serayu di Dieng (1918).
Kali Serayu mempunyai debit air yang cukup besar. Di bagian hulu di wilayah Banjarnegara, sungai ini memiliki debit 656 m³/detik. Dengan bertambahnya air yang masuk dari anak-anak sungainya, di bagian hilir debit ini meningkat menjadi sebesar 2.866 m³/det dan 2.797 m³/det, berturut-turut di Banyumas dan Rawalo.
Bendungan Panglima dibangun di Kali Serayu ini lk. 10 km di barat kota Banjarnegara Bendungan yang juga dikenal dengan sebutan Waduk Mrica atau Mrican ini memiliki luas genangan lk. 12 km², jika terisi penuh. Selain dimanfaatkan untuk pengairan dan wisata, Waduk Mrica terutama dibangun untuk memasok PLTA Mrica berkapasitas 184,5 MW.
Wisata petualangan arung jeram telah dikembangkan di bagian hulu Kali Serayu. Wisatawan biasanya memulai kegiatan ini dari Desa Tunggara dan Desa Prigi di Banjarnegara.
https://diengserayu.files.wordpress.com/2013/10/poto-serayu.jpg
 2. Sungai Kaliwatu Malang , Jawa Timur 
http://kaliwaturafting.com/wp-content/uploads/2013/03/IMG_7359.jpg













Rafting Kaliwatu ini berada di Desa Bumiaji, Kota Batu. Tepatnya di Sungai Brantas di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin berolah raga dengan menggunakan sensasi aliran sungai Brantas yang berada di Kota Batu. Selain menawarkan sensasi aliran sungai, tapi juga dengan menguji adrenalin anda jika berkunjung ke tempat ini. Di sepanjang perjalanan yang menyusuri aliran sungai ini, anda akan dimanjakan dengan derasnya arus sungai dengan suasana sungai yang masih alami dengan tebing-tebing terjal, berbatu dan beberapa air terjun kecil yang ditambah dengan jeram-jeram yang memberikan tantangan kepada setiap peserta. Karena cukup banyak rest area yang bisa di jadikan pemberhentian untuk mengendurkan kembali urat-urat yang menegang.
Di tempat ini tidak hanya menyediakan perahu karet untuk berarung jeram, tetapi ada donat boat atau Tubing. Dengan menggunakan donat boat ini lebih menantang daripada perahu karet, karena donat boat ini tidak bisa dikendalikan. Donat boat hanya mengalir dan mengikuti arus sungai. Bahkan tidak jarang hanya berputar-putar hingga pandangan menghadap ke belakang. Tetapi, tidak perlu khawatir. Sebab tim rescue senantiasa bersiap memberikan pertolongan jika terjadi sesuatu di tempat Kaliwatu Rafting ini.
Dengan menggunaan perahu donut boat cukup berbeda jauh dengan perahu karet. Karena perahu karet bisa diatur kecepatan maupun arahnya, selain itu jika perjalanan terganggu bebatuan maka dayung-dayung bisa memutar balik. Sementara menggunakan donut boat hanya bisa menggoyang ban untuk menghindari jebakan.
Dalam kegiatan ini anda akan diajak untuk mengenal kemampuan diri, melatih kemandirian, merangsang keberanian sehingga secara langsung akan memotivasi daya pikir anda untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitar serta menghargai individu lainnya sebagai sebuah tim.
Untuk Pemesanan dan informasi Rafting di Kaliwatu Rafting sobat  dapat menghubungi kontak berikut ini yang saya kutip langsung dari website nya :
Wawan.
Telkomsel   : 0812 46 49336.
Indosat        : 0857 90 869488
Flexy            : 0341 8443 443 atau 08510 444 3443
XL                : 0877 01 436400
3. Sungai Citarik , Sukabumi Jawa Barat
Kalau ke Ke Bandung atau wisata sekitarnya jangan lupa menyempatkan  wisata arung jeram yang satu ini , yang cukup menguji nyali sobat semua pastinya da memacu adrenalin sobat, pemandangan di sekitar wisata ini masih cukup asri dan tentunya dengan udara yang sejuk .Mantap kan , makanya sobat mesti coba hehe
http://www.baturafting.com/artikel-wisata-batu/kaliwatu-rafting-malang



 4. Kali atau Sungai Pekalen , Jawa Timur
https://noarsraftingproboliggo.files.wordpress.com/2015/04/noars-galery-3.jpeg
Sungai pekalen terletak di Dusun Angin-angin, Desa Ranu Gedang dan berakhir di Dusun Gembleng, Desa Pesawahan atau Desa Condong, Kecamatan Gending. Lama perjalanan untuk mencapai sungai ini kurang lebih 3 jam jika kita berada di kota Surabaya atau Malang.
Rafting Pekalen dibagi menjadi 3 bagian untuk rafting, ada pekalen atas, pekalen tengah dan pekalen bawah. Jarak dari trip rafting nya pun berbeda. Untuk pekalen atas trip nya 12 km, Pekalen tengah 7 km Dan pekalen bawah 10km.   
Sungai Pekalen Atas ini masih sama terletak di desa Ranu Gedang, kecamatan Tiris, kabupaten Probolinggo, propinsi Jawa Timur. Dinamakan desa Ranu Gedang, karena di desa ini banyak terdapat pohon pisang . kata Gedang sendiri adalah bahasa jawa yang berarti pisang .Bila sobat mau berwisata arung jeram di sini sobat harus ekstra tenaga dan hati - hati karena  pekalen Atas memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi untuk berarung jeram dibandingkan dengan Pekalen Bawah. Bersumber dari mata air Gunung Argopuro dan Gunung Lamongan dengan lebar sungai rata-rata 5-20 meter dan kedalaman air kurang lebih 1-3 meter.
5. Sungai Pacet Kromong Mojokerto Jawa Timur 
http://www.pacetadventure.com/wp-content/uploads/2014/01/IMG_3884.jpg
 Sungai Pacet Kromong ini terletak di kecamatan Pacet, kabupaten Mojokerto , Provinsi Jawa Timur  , Kecamatan ini berbatasan dengan Kecamatan Trawas di sebelah timur, Kecamatana Kutorejo  di sebelah utara, Kecamatan Gondang di sebelah barat, dan di sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Bumiaji , Kota Batu,
Wilayah Pacet berada di kaki dan lereng Gunung Welirang  dan Gunung Penagngungan  dengan ketinggian rata-rata 600 meter di atas permukaan laut. Hal tersebut menempatkan Pacet sebagai salah satu daerah wisata yang diperhitungkan di Jawa Timur  Pemandian air panas, kolam renang, dan arung jeram dapat ditemukan di daerah ini. Air Terjun dan wana wisata merupakan pilihan lain bagi penikmat panorama alam yang sejuk dan bebas polusi.
Pacet selain sebagai daerah wisata juga merupakan daerah pertanian  yang sangat subur karena terletak di antara tiga gunung berapi  Pacet pernah menjadi salah satu daerah penghasil bawang putih terbesar di Jawa Timur setelah Batu.
6. Sungai Kasembon, Jawa Timur
http://www.zhafiratrans.co.id/images/objekwisata/Kasembon-Rafting.jpg
Wisata arung jeram ini Terletak di kota Malang, tentunya wisata rafting kasembon ini tak boleh sobat lewatkan bagi pecinta olahraga rafting saat di Malang. Untuk mencapai starting point,tak perlu melakukan trekking yang menguras tenaga. Karena jarak base camp tak jauh. Selain itu, pemandangam alam pedesaan, gundukan-gundukan pegunungan, dan hamparan sejuknya padi bisa menjadi pemandangan sempurna yang akan menyegarkan mata dan pikiran. Terlebih bila kamu bisa menikmati indahnya matahari terbenam usai mengarungi sungai ini.
7. Sungai Palayangan Pangelangan, Jawa Barat 
http://magicalholiday.net/wp-content/uploads/2016/02/rafting-palayangan3.jpg
 Terletak 45 km di selatan Bandung, menjadi surganya pecinta rafting. Arusnya deras dan lebih cocok untuk pecinta rafting senior. Namun jika pemula ingin menguji tantangan ini, berhati-hati, dan ikuti aturan dengan baik. Sekeliling sungai memiliki panorama bagus yang dikelilingi pohon pinus.
8. Sungai Elo, Progo Atas, dan Progo Bawah di Magelang
Ketiga sungai ini memiliki grade berbeda. Sungai Elo dan Sungai Progo atas cukup untuk berwisata bagi pemula yang ingin bersantai sekaligus berolahraga wisata alam dengan grade 3. Kusus progo bawah ini memiliki grade 5 yang lebih cocok untuk para profesional. Untuk mencicipi rafting Sungai Elo bisa kamu nikmati setiap hari bahkan pada musim kemarau. Namun Sungai Progo Atas dan Sungai Progo Bawah hanya bisa kamu nikmati saat musim hujan saja.
9. Sungai Cicatih, Jawa Barat
Untuk sampai di Sungai Cicatih, kamu perlu menembus hutan hujan dan pedesaaan masyarakat sunda yang membuat perjalanan kamu semakin menarik. Sungai dengan grade 3 sampai 5. Di sinilah terdapat 20 jeram yang siap menghadangmu. Jeram-jeram yang terkenal diantaranya jeram coffe, jeram naga, jeran gigi yang akan membuat sensasi pertualanganmu mengarungi sungai, semakin tak terlupakan.
10. Sungai Cikandang, Jawa Barat
Gunung Papandayan menjadi pemandangan menarik saat kamu rafting di Sungai Cikandang. Selain itu, suguhan hamparan ladang teh akan menyejukan pikiranmu.
11. Sungai Cimanuk, Jawa Barat
Pohon-pohon bambu di sepanjang aliran Sungai Cimanuk, tebing, lahan pertanian, dan air tejun akan menjadi pemandangan khas saat rafting di sini.
12. Sungai Cisadane, Jawa Barat
Sungai yang digunakan untuk rafting di Sungai Cisadane adalah sungai buatan. Air yang mengalir berasal dari Gunung Salak Pangrango. Hutan tropis dan jeram-jeram yang tidak terlalu menantang akan menjadi bagian teman perjalananmu mengarungi Sungai Cisadane. Tantangan lain dari rafting Sungai Cisadane adalah bendungan setinggi 3 meter dengan kemiringan hampir 90 derajat.
13. Sungai Kalibiru, Jawa Barat
Kalibiru yang terkenal selama ini mungkin  adalah pemandangan perbukitan dan danau yang bisa dilihat dari rumah pohon di KulonProgo, Yogyakarta. Namun kali ini sedikit berbeda ,Kalibiru satu ini adalah tempat untuk berpesta air sembari berolahraga yang bisa memacu adrenalin anda.
14 .Sungai Alas , Aceh Tenggara
http://1.bp.blogspot.com/-AEbISE51ZWQ/U0ymr6Db8II/AAAAAAAADVA/BsC9GdRKebI/s1600/Sungai+Alas+2.JPG
 Sungai Alas adalah sungai yang terletak di Provinsi Aceh dan merupakan sungai terpanjang di Provinsi Serambi Mekkah ini, sungai ini melewati kawasan taman nasional Gunung Leuser terus mengalir sampai ke  Samudera Hindia sungai ini berada di sepanjang Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Gayo lAES dan Kabupeten aceh selatan asal nama Sungai ini berasal dari Suku Alas (Suku asli yang mendiami Kabupaten Aceh Tenggara  di karenakan sungai ini melintasi seluruh tanah di Masyarakat Alas, masyarakat setempat menamainya dengan Lawe Alas sungai ini memiliki arus yang luar biasa menarik perhatian penggemar arung jeram dari seluruh dunia. Salah satu keunggulan Sungai Alas adalah dikelilingi hutan yang masih asri di Taman Nasional Gunung Leuser.Terletak di 165 km tenggara Takengon  Sungai Alas mengalir membelah Taman Nasional Gunung Leuser. Daerah ini sangat populer di kalangan anak muda Kabupaten Aceh Tenggara maupun Kabupaten Gayo Lues.
Apabila Anda melakukan pengarungan lebih dari satu hari, maka bisa beristirahat dan tidur di tenda-tenda di tepi sungai Alas sambil membakar ikan. Jika Anda memilih menginap sembari merasakan suasana hutan yang asri maka dapat pula bermalam di penginapan pinggir hutan dekat sungai, tepatnya 15 kilometer arah barat dari Blankenjeren, Kabupaten Gayo Lues.
 Di sini tidak banyak penjual barang maupun makanan. Pilihan lebih lengkap tentunya Anda perlu menuju kutacane.
Sungai Alas seakan satu paket petualangan dengan Taman Nasional Gunung Leuser jadi jangan lewatkan ditemani pemandu setempat untuk menjelajah berkeliling hutannya yang masih asri.
TransportasiUntuk menuju Sungai Alas maka bisa ditempuh melalui tiga jalur. Pertama, jalur darat dari Medan, Sumatera Utara, melalui Berastagi dengan jarak tempuh 8 jam tetapi jalur ini terbilang kurang baik kondisi jalannya namun tetap layak untuk kendaraan SUV dan mobil L300. Kedua, melalui jalur udara dari Medan-Kutacane, dan ketiga jalur darat melalui Banda Aceh, Beureun, Takengon, dengan waktu tempuh 14 jam. Pilihan paling sederhana ke Sungai Alas menggunakan Penginapan di pinggir hutan menyediakan pelayanan makanan terutama di sekitaran Ketambe. Lebih ideal Anda membeli perbekalan makanan dari Kutacane.
Mulailah pengarungan dari Muarasitulan di Kota Kutacane hingga Kota Gelombang yang berdekatan dengan Samudera Hindia Rute ini terbilang tepat untuk Anda yang masih pemula. Sementara itu, husus untuk profesional, Anda dapat menaklukkan arus Sungai Alas bisa mengambil rute lebih jauh, mulai dari Angusan dekat Blangkejeran.
https://i.ytimg.com/vi/3s1FJqt7P2Y/maxresdefault.jpg
 Tips Saat Berwisata di Sungai Alas
Apabila Anda melakukan pengarungan lebih dari satu hari, maka bisa beristirahat dan tidur di tenda-tenda di tepi sungai Alas sambil membakar ikan.
Jika Anda memilih menginap sembari merasakan suasana hutan yang asri maka dapat pula bermalam di penginapan pinggir hutan dekat sungai, tepatnya 15 kilometer arah barat dari Blankenjeren di distrik Gayo Lues. Di sini tersedia beberapa gubuk kayu panggung yang masing-masing menampung dua orang. Setiap pondok mempunyai kamar yang luas dan balkon. Harga menginap per malamnya sekitar Rp70 ribu per orang. Untuk makan malamnya dikenakan biaya Rp30 ribu per orang sedangkan sarapan Rp15 ribu per orang.
Beberapa batang yang perlu di bawah saat bertandang ke Taman Nasional Gunung Leuser dan Sungai Alas.
Perlengkapan
  1. 1 ransel besar.
  1. 1 tas harian kecil.
  1. Tas anti air untuk barang pribadi, dokumen, kamera.
  1. 1 sweter katun.
  1. 1 kemeja tebal.
  1. 1 baju hangat yang tebal untuk trekking yang lebih tinggi dengan ketinggian 2.500m.
  1. 3 kaos Katun T-shirt.
  1. 5 pasang celana dalam katun.
  1. 1 pasang kaus kaki katun untuk setiap hari di hutan.
  1. 3 celana kargo katun, dengan beberapa kantong resleting. 1 pasang celana pendek.
  1. 1 topi besar. 1 pasang sepatu bot yang ringan namun nyaman, (cepat kering seperti Garmont Tenere Atau yang serupa).
  1. 1 pasang sepatu olah raga. Jangan membawa sepatu bot karet, karena tidak akan berguna.
  1. 1 Sleeping bagi, Kamera dengan batre cadangan dan disk yang cukup, 1 senter, 1 Teropong
  1. Tenda dan kelambu yang disediakan oleh penginapan hutan tadah hujan Kedah,Obat-Obatan, krim sunblock. Obat Anti Diare.
  1. Pil Malaria. Pembasmi serangga Garam Dehidrasi. Obat Anti Flu obat. Antibiotik.
  1. dan Anda harus memiliki vaksinasi Tetanus yang masih berlaku.
Pencegahan terhadap Malaria penting namun Anda harus menghubungi dokter Anda tentang tindakan pencegahan atau pengobatan jika terjadi infeksi. Anda juga perlu memastikan asuransi kesehatan jiwa Anda dari penyedia asuransi, mereka akan menanggung biaya terhadap resiko trekking di hutan, khususnya di hutan lebat Leuser.
Akomodasi
Akomodasi terdiri dari pondok-pondok kayu berbentuk panggung, yang bisa menampung dua orang, kelambu untuk dua orang. Setiap pondok dengan satu kamar yang luas dan balkon. Kisaran harganya antara lain:
  • Akomodasi: Rp70.000/orang/malam.
  • Makan malam: Rp30.000/orang
  • Sarapan: Rp15.000/orang
Ada air bersih untuk mandi di dekat sungai hutan, kamar mandi bersama dan toilet. Listrik tidak tersedia karena hutan hujan Kedah mendukung Eco-wisata, karena itu mereka tidak menjalankan generator. Namun jika Anda juga tertarik untuk menjelajahi Bukit Lawang, Anda dapat menemukan akomodasi lain yang dikelola oleh warga setempat. Beberapa di antaranya adalah pengunjung asing yang memutuskan untuk tinggal.
Nama Hotel Penginapan
  1. Wisma Cinta Alam (rafting and jungle trekking) Alamat : Jl. Blang Kejeren - Kuta cane Km 32 Ketambe Cp Johan Hp : 0852 7086 4580
  1. Hotel Brundihe Alamat : Jl. Cut Nyak Dhien No. 10 Telp : (0629) 21444
  1. Hotel Jambu Alas Alamat : Jl. Kuta Cane, Blang Kejeren Km.2 Telp : (0629) 21430
  1. Hotel Lawes Mamas Alamat: Jl. Jend. Ahmad Yani No.9 Kutacane Telp : (0629) 522798
Wisma Maroon Alamat : Jl. Jend. Ahmad Yani No. 15 - 17 Kutacane Telp : (0629) 21078
15. Sungai Alung Bali
Sungai Alung Bali ini adalah sungai yang terkenal sebagai lokasi rafting , yakni arum jeram yang cukup memacu adrenalin, Sobat di jamin Seru dan mengasyikkan deh berolahraga air sambil melihat pemndangan alam yang masih sangat alami. Sungai ini mengalir sepanjang 62,5 km dan bermuara di Selat Badung, di sanur .
http://www.telusurindonesia.com/wp-content/uploads/2014/12/sungai-ayung1.jp
Cari Hotel di Bali klik http://www.pegipegi.com/hotel/bali/?affid=AFF15229
16. Sungai Lumandau , Kalimantan Tengah 
Sobat kalau jalan - jalan ke kalimantan jangan lupa menyempatkan bermain arum jeram di sungai ini , Kalimantan yang di kenal memilki perairan sungai yang luas tentu saja menjadi ciri khas di bandingkan sungai - sungai lokasi arum jeram di daerah lain .
https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/dc/ff/c9/dcffc9145afad4112b09f682fd336ffe.jpg
 17. Sungai Nimanga , Sulawesi Utara 
 Arung Jeram Sungai Nimanga
http://cdn-2.tstatic.net/manado/foto/bank/images/jeram-timbukar_20160214_120231.jpg



http://lh6.ggpht.com/-v7Y1s4jIfps/UQ-LeCduqUI/AAAAAAAAEVg/MWEDvkN625k/w600/rafting%252520%2525288%252529.JPG


Lokasi Sungai Nimanga - Timbukar.
Arung Jeram Sungai Nimanga adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa Timbukar , Kecamatan Sonder  Kabupaten Minahasa ,Provinsi Sulawesi Utara  Indonesai. Jarak tempat wisata di tepi sungai ini dari Kota Manado sekitar 30 kilometer.
Ada dua jalan alternatif yang bisa ditempuh menuju ke lokasi Arung Jeram yaitu:

  1. Melewati Tanawangko, kemudian meneruskan perjalanan hingga desa Maruasey. Begitu tiba di desa Maruasey tepatnya di pertigaan jembatan Maruasey, bisa langsung belok kiri menuju desa Tangkuney .. Dari tempat ini, jarak menuju lokasi finish sudah begitu dekat. Jalur ini juga merupakan jalur tercepat menuju ke lokasi start yang ada di desa Timbukar, akan tetapi jalan menuju ke tempat ini tidak terlalu lebar.
  2. Jalur kedua adalah melalui Kota Tomohon kemudian meneruskan perjalanan menuju ke Sonder. Dari Sonder, kemudian bisa melanjutkan perjalanan menuju ke desa Tincep, dan selanjutnya tinggal mengikuti satu-satunya jalan menuju desa Timbukar yang merupakan lokasi start arung jeram.
Rute
Sebelum tiba dilokasi start arung jeram, pengunjung akan disuguhi pemandangan air terjun  Timbukar setinggi 90 meter.
Untuk mengarungi sungai Nimanga yang memiliki tingkat kesulitan grade III, pengunjung akan menempuh perjalanan sepanjang 12 km dengan waktu tempuh kurang lebih 2.5 jam. Bebatuan yang ada di sepanjang sungai Nimanga ditambah rimbunnya pepohonan yang berwarna hijau, menghiasi akan menjadi teman perjalanan. Selama mengarungi sungai Nimanga, pengunjung bisa melihat betapa suburnya perkebunan yang ada di samping kiri dan kanan sungai Nimanga. Pengunjung juga bisa mampir sekaligus mandi di resting area.
Jeram
Ada banyak jeram yang akan dilewati di sungai Nimanga, beberapa yang terkenal adalah Golden Gate yang merupakan jeram besar pertama yang akan ditemui, jeram ini ditandai dengan tebing tinggi di hadapan pengunjung. Selain itu ada jeram yang sangat menantang bernama Jeram Good Bye. Jeram ini mencapai tinggi empat meter dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Tempat finish jeram yaitu di desa Tangkuney Kabupaten Minahasa Selatan.Untuk Reservasi Lokasi sobat bisa mengubungi di CP berikut   
"MANADO RAFTING" contact : Hp 0813 4079 8030 Email: manadorafting@gmail.com atau website : manadorafting.com/arungjeram










Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar