Jumat, 03 Juni 2016

Pantai Suwuk Kebumen

Pantai Suwuk terletak di desa Suwuk,  kecamatan Puring, kabupaten Kebumen. Untuk menuju ke lokasi pantai, banyak jalur alternatif yang dapat digunakan. pantai ini terletak 22 km sebelah selatan Gombong dan dapat ditempuh sekitar 45 menit, terletak sekitar 35 Km sebelah barat daya Kota Karanganyar dapat ditempuh lebih dari 1 Jam, dan terletak 50 Km dari Kota Kebumen maka dibutuhkan waktu sekitar satu setengah jam untuk menuju Pantai Suwuk. Bagi anda yang berasal dari arah timur yang kebetulan sedang melintasi jalan selatan-selatan atau jalan Daendels dari arah Yogyakarta dapat langsung lurus menuju Pantai Suwuk.
Pantai Suwuk yang  terletak di Kecamatan Puring. ini memiliki daya Tarik Wisata di antaranya meliputi Panorama Alam Pantai, Wisata Perahu, Wisata Dirgantara dengan atraksi Penayangan Audio Visual 3 (tiga) dimensi, Kolam  bermain anak-anak, Kebon Binatang Mini, Wisata Kuliner. Fasilitas yang ada terdiri Mushola, MCK, Area Parkir yang luas dan Gazebo. Di Pantai Suwuk juga terdapat Hutan Cemara Laut yang luas dan memanjang sepanjang bibir pantai sehingga menambah eksotik destinasi ini.  Wisata Kuliner khas di Pantai Suwuk adalah Makanan Peyek Yutuk dan Pecel. Disamping itu di kawasan ini juga terdapat beberapa warung seafood yang  tak kalah rasanya dengan daerah lain


Fasilitas Hiburan

Wisata di Pantai Suwuk ini pada dasarnya tidak berbeda dengan wisata-wisata pantai di Kebumen. Pemandangan pegunungan kapur yang elok memanjang dari utara sampai selatan, dan berbatasan langsung dengan pegunungan dan Pantai Karangbolong. Untuk lebih memanjakan mata anda, alangkah lebih baiknya anda menyewa seekor kuda untuk menyisir eloknya Pantai Suwuk ini. Usai lelah dan puas menikmati pantai, hal menarik lainnya adalah kita dapat menikmati suasana santai dengan beberapa sajian makanan khas yang ada di warung-warung sepanjang pantai. Anda dapat menikmati pecel dan lontong, es kelapa hijau, jangan lupa pula peyek ubur-uburnya dan berbagai jenis peyek lainnya.
Beberapa Fasilitas yang di sediakan :
  • Wahana Permainan sederhana
  • Terdapat eks Pesawat Garuda Boeing 737 yang dapat dinikmati pengunjung
  • Masjid al Mutaqien
  • Terdapat Toko oleh-oleh khas Pantai Suwuk
  • Terdapat warung penjual jajanan khas Kebumen
  • Toilet umum

Eks Boeing 737 dan helikopter hibur pengunjung





Ciri Khas pantai

Jika andai mengunjungi pantai ini anda akan disuguhkan dengan pemandangan padang pasir pantai yang luas disertai tanaman pandan dan rerumputan, padang pasir tersebut dapat digunakan pula untuk wisata offroad. Selain itu pemandangan pengunungan kapur disebelah barat dan utara menjadi panorama yang menarik. Selain itu Bibir pantai di pantai ini juga curam dengan kemiringan 35 derajat jadi sedikit betbahaya. Serta pengunjung juga dihimbau untuk tidak berenang karena pantai ini memiliki ombak yang cukup ganas bahkan lebih besar dari ombak di Pantai Parangtritis, Yogyakarta.

Sumber :
 https://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Suwuk
http://pariwisata.kebumenkab.go.id/v2/detail_informasi.php?artikel_id=14&jenis_menu_id=14&status=2
https://i.ytimg.com/vi/TAdwvSuVJTc/maxresdefault.jpg
https://i.ytimg.com/vi/FXB-54Gvc1E/maxresdefault.jpg
https://i.ytimg.com/vi/hijLbEVJuXI/maxresdefault.jpg
https://sharesains.files.wordpress.com/2014/12/pantai-suwuk3.jpg
Untuk Lokasi lebih jelasnya bisa sobat telusuri di google maps berikut ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar